Wednesday, April 17, 2013

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi mie instan

beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi mie instan

Mie instan adalah makanan siap saji yang bukan hanya praktis cara memasaknya namun juga rasanya yang lezat dan beraneka rasa membuat semua orang suka dengan produk yang satu ini, selain dapat disimpan sebagai cadangan saat sedang malas memasak atau kehabisan bahan makanan yang lain mie instan ini bisa diandalkan untuk mempermudah menyajikan makanan, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi mie instan untuk menjaga kesehatan kita sebagai berikut:

  • Mie instan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karena kandungan gizinya yang tak banyak, sebaiknya seimbangkan dengan nutrisi lain, misalkan dengan telur yang mengandung protein tinggi, bisa juga dengan sawi hijau, daun bawang, bawang bombay, tomat, irisan daging, kacang polong atau tauge. Mengonsumsi mie instan saja memang sudah membuat perut kenyang, tapi nutrisi tubuh tetap tidak optimal.

  • Didalam Mie instan mengandung zat pengawet . Selain untuk melembutkan tekstur mie, perebusan juga berfungsi untuk mengurangi kandungan zat pengawet yang melekat pada mie. oleh karena itu, sebaiknya pastikan jumlah air rebusannya tidak terlalu sedikit atau sesuai takaran yang dianjurkan.

  • Banyak orang yang memanfaatkan mie instan untuk mengganjal perut semata. Saat waktu makan tiba, mereka kembali makan makanan padat dengan nutrisi lengkap. Sebagai gambaran, satu kemasan mie instan berukuran 85 gram berisi 50 gram karbohidrat, yang setara dengan 17% dari total kebutuhan kalori perhari. Asupan karbohidrat yang berlebihan bisa memicu kenaikan berat badan.

  • Sering kali Mie instan dijadikan makanan untuk menghilangkan rasa lapar di tengah malam. Sebenarnya, kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan, dan dapat memicu kenaikan berat badan. so'alnya, di malam hari, tubuh lebih lambat mencerna makanan yang masuk. Karena organ tubuh sudah memasuki waktu istirahat, makan terlalu malam tidak direkomendasikan. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi mie instan, semoga bermanfaat. (Sumber detikfood)

 

Artikel Menarik Lainnya

13 comments:

  1. Tips menarik yang sangat berguna sekali sobat, mudahmudahan dengan mengetahui tips ini kita akan tetap menjaga dan tetap sehat
    terima kasih atas pengetahuan yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Ya mesti hati-hati klo mengkonsumsi mie instan, ane termasuk penyuka mie. Trims atas infonya! semoga sehat selalu!

    ReplyDelete
  3. iya bener. saya kerap makan mie sebelum siskamling di malam selasa. ternyata bisa mengakibatkan gemuk ya.. pantesan! hehe

    ReplyDelete